Back To Normal

Subscribe To Our E-Mail Newsletter

Sabtu, 28 Maret 2015

makalah pengaruh budaya asing Terhadap Budaya Indonesia


Couch ModePrint It

Pengaruh Budaya Asing Terhadap 

Budaya Bangsa Indonesia

 

Makalah Kita

Indonesia yang terkenal dengan keelokan budayanya serta beragam pula dari budaya tersebut namun kini seiring dengan perkembangan jaman budaya yang kita banggakan mulai tergeser oleh budaya luar yang notabene nya kurang baik atau tidak sesuai dengan budaya kita terutama di kalangan remaja sekarang ini dan di bawah ini saya pun ingin membagikan sebuah makalah yang dimana makalah ini berjudul  makalah pengaruh budaya asing Terhadap Budaya Indonesia


KATA PENGANTAR


Puji syukur yang ingin penulis ucapkan atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nyalah karya ilmiah atau makalah  ini dapat penulis selesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam makalah  ini, penulis membahas mengenai “ Pengaruh Perkembangan Budaya Asing Terhadap Budaya Indonesia”, suatu permasalahan yang selalu dialami oleh remaja Indonesia yang ikut-ikutan dan terpengaruh terhadap budaya luar mulai dari segi bicara dan pakaian.

Makalah  ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai pengaruh perkembangan budaya luar terhadap budaya Indonesia yang sangat diperlukan dengan harapan bahwa remaja dapat mengetahui dampak positif dan dampak negatif dari pengaruh budaya luar terhadap budaya Indonesia sehingga para remaja Indonesia dapat memahami dan mengetahui dampak negatif dan positif ini secara bijak. Dalam proses penyusunan makalah ini, tentunya penulis mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu rasa terima kasih dalam penulis kepada yang terhormat :

Penulis menyadari bahwa sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu, Penulis juga sangat mengaharapkan kritik dan saran dari para pembaca sehingga penulis dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penyusunan karya tulis ilmiah selanjutnya.

Demikian karya tulis ilmiah ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.


BAB I

PENDAHULUAN



1.1  LATAR BELAKANG

Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terkenal dengan keanekaragaman dan keunikannya. “Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kebudayaan yang majemuk dan sangat kaya ragamnya. Perbedaan yang terjadi dalam kebudayaan Indonesia dikarekan proses pertumbuhan yang berbeda dan pengaruh dari budaya lain yang ikut bercampur di dalamnya”. Di setiap budaya tersebut terdapat nilai-nilai sosial dan seni yang tinggi. Seiring dengan masuknya era globalisasi saat ini, dan mengiringi budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia.
Negara Indonesia mempunyai norma-norma yang harus dipatuhi oleh masyarakatnya. Setiap butir norma memiliki peranan masing-masing dalam mengatur hidupnya.Norma merupakan suatu ketetapan yang ditetapkan oleh manusia dan wajib dipatuhi oleh masyarakat dan memiliki manfaat positif bagi kehidupan.
Pada kondisi saat ini, kebudayaan mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat Indonesia malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman budaya Indonesia secara perlahan-lahan, yang tidak terlepas dari pengaruh budaya.
Generasi muda termasuk mahasiswa di dalamnya, baik disadari atau tidak memegang amanah dalam menjaga kelestarian keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia tersebut banyak cara yang dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan dan batasan-batasan yang ada.
 Jangan sampai di saat budaya kita diambil bangsa lain, baru kita menyadarinya betapa bagusnya nilai-nilai yang terkandung dalam budaya kita itu sendiri. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin lama semakin canggih serta perdagangan bebas yang telah terjadi di dunia khususnya Indonesia telah meracuni bangsa Indonesia terhadap moral akhlak dan tatakrama pergaulan anak remaja, adat budaya Indonesia yang dulu katanya Indonesia kaya akan budayanya kini terhapus semua oleh yang namanya kemajuan zaman. Permasalahan ini sangat berdampak negatif bagi masyarakat Indonesia, khususnya dikalangan para remaja.

Sehingga kami sebagai siswa ingin sekali mengangkat tema “Pengaruh Budaya Asing Terhadap budaya  Indonesia”. Untuk lebih jelasnya akan kami bahas di bab pembahasan selanjutnya.


1.2 RUMUSAN MASALAH

  1. Apa faktor utama penyebab masuknya budaya asing ke indonesia?
  2. Apa dampak positif dan negatif terhadap masuknya budaya asing ke indonesia ?
  3. Apa akibat dari pengaruh budaya asing terhadap masyarakat?
  4. Apa pengaruh budaya asing terhadap eksistensi jati diri bangsa?
  5. Bagaimana untuk mengantisipasi dampak negatif masuknya budaya asing?

1.3 TUJUAN PENELITIAN

Tujuan yang hendak dicapai melalui penulisan makalah ini adalah :
  1. Untuk mengetahui tentang Pengaruh kebudayaan Barat dan Timur terhadap kebudayaan Indonesia.
  2. Memberikan informasi kepada masyarakat terutama para remaja indonesia mengenai pengaruh perkembangan budaya luar terhadap budaya Indonesia.
  3. Menyajikan data mengenai remaja yang berkaitan dengan tata bahasa budayanya sendiri dan     budaya luar .
  4. Menampilkan data yang dapat memberikan masukan pada remaja agar tidak ikut ikutan terhadap budaya asing.

1.4 MANFAAT PENELITIAN

Dalam makalah, ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil serta bertujuan, diantaranya untuk:
  1. Menyadarkan bagi pemuda dan pemudi penerus bangsa indonesia akan bahaya yang mengancam negeri kita dari dalam maupun luar.
  2. Mangetahui gejala yang dialami oleh bangsa indonesia sekarang maupun kedepan.
  3. Mengetahui cara penanggulangan krisis budaya tersebut.
 dan bagi anda yang ingin membaca  secara lengkap tentang makalah pengaruh budaya asing Terhadap Budaya Indonesia silah kan klik di SINI

 


Click Here For Smileys :D
:D
:)
:[
;)
:D
:O
(6)
(A)
:'(
:|
:o)
8)
(K)
(M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR